Advertisement

Advertisement

UKM UNS SOLO

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UNS dikategorikan ke dalam tiga bidang, meliputi: bidang kesenian, bidang minat dan bakat serta bidang olahraga. Semua itu dibentuk sebagai upaya untuk membangun soft skill serta keterampilan mahasiswa UNS. Berikut ini kami sajikan sedikit profil mengenai masing-masing UKM, di antaranya:
Bidang Kesenian

BKKT
Badan Koordinasi Kesenian Tradisional (BKKT) merupakan suatu wadah bagi mahasiswa UNS yang memiliki minat, bakat, dan keinginan untuk mengambangkan kesenian tradisional yang merupakan suatu perpaduan dari cipta, rasa dan karsa bangsa sendiri melalui komunikasi dan apresiasi seni. Seiring berjalannya waktu, BKKT tidak selalu stagnan pada kesenian tradisional. BKKT juga bergerak mengembangkan seni kontemporer namun tetap berpedoman pada seni tradisi Jawa. Hal tersebut dikarenakan BKKT UNS ingin tetap melestarikan budaya tradisional di Jawa Tengah pada umumnya dan di Solo pada khususnya.

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita merupakan UKM UNS yang bergerak di bidang seni, khususnya seni paduan suara. Voca Erudita sendiri telah menjadi salah satu kebanggan UNS dan kota Solo. Dengan berbagai prestasi yang telah dicapai, Voca Erudita turut mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Prestasi-prestasi yang pernah ditorehkan Voca Erudita, antara lain: 1st Grand Prix Championship Bali International Choir Festival (2012),  4th Grand Prix Pattaya (2011), 1st Bandung International Choir Competition (2011), dan masih banyak lagi.

Marching Band UNS merupakan UKM yang bergerak di bidang seni, khususnya seni musik. Kegiatan rutin yang dilakukan oleh Marching Band UNS adalah Perekrutan Anggota (Open Recruitment), DIKSAR Musik (Pelatihan Dasar Musik), LATAL (Latihan Alam) dan lain sebagainya. MB UNS pernah meraih juara I Divisi Satu kejuaraan Grand Prix Marching Band (GPMB) XXVIII di Jakarta tahun 2012.


Bidang Minat dan Bakat

Dewan Mahasiswa (DEMA)
Dewan Mahasiswa adalah lembaga perwakilan, tempat mahasiswa menyampaikan aspirasi dan menyuarakan kepentingannya. Lewat lembaga ini akan keluar kebijakan yang menjadi dasar bagi pimpinan universitas, presiden BEM dalam menjalankan roda pemerintahan, yang diwujudkan dalam bentuk undang-undang.

BEM UNS adalah pemerintahan mahasiswa yang menjalankan mandat dari Dewan Mahasiswa (DEMA) UNS sebagai lembaga legislatif.
Koperasi Mahasiswa (KOPMA)
Mendapat status Badan Hukum pada tanggal 17 Februari 1983, KOPMA UNS merupakan organisasi UNS yang bergerak secara professional dalam menangani unit usaha.

Pramuka
Gerakan Pramuka Gudep Surakarta 04.555 & 04.550 memiliki sekretariat di gedung Grha UKM UNS. Kegiatan rutin tahunan yang sering dilaksanakan diantaranya menjadi Paskibraka saat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan di UNS. Selain itu, ada Latihan Pengembangan Kepemimpinan dan Manajemen (LPKM), Temu Karya Pramuka Penengak Surakarta (TKPPS) dan lainnya.

Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia
Unit kegiatan mahasiswa ini bergerak di bidang kepalangmerahan, sosial, kemanusiaan, dan pengabdian masyarakat. Program kerjanya, bukan hanya ditujukan untuk pengadian masyarakat, melainkan juga pengembangan kualitas anggota. Berbagai pelatihan baik tingkat intern, lokal maupun nasional diadakan sehingga dapat menciptakan relawan dengan kemampuan yang memadai serta memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Unit ini menjadi UKM dengan fokus kegiatan pada pengembangan kerohanian Islam. JN UKMI berkomitmen menjadi solusi dan menekan dekadensi moral anak bangsa. Visi JN UKMI, yakni: sebagai Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Nasional dan fasilitator transformasi nilai-nilai Islam dalam rangkan membentuk lingkungan kampus dan civitas akademika yang berafiliasi terhadap Islam demi menyongsong Indonesia madani.

Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK)
PMK beranggotakan mahasiswa Kristen di UNS. PMK menjadi wadah pembinaan rohani dan pelatihan bagi mahasiswa Kristen. Agenda rutin adalah Perseketuan Umum (Perseketuan Gabungan PMK-KMK se-UNS) dan Perseketuan Doa Pagi yang diadakan tiap Jumat.

Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK)
Mahasiswa katolik di UNS bisa juga bergabung dengan KMK. Pada level fakultas mahasiswa mendapat kegiatan pengalaman rohani, sedangkan kegiatan KMK UNS merupakan bentuk nyata ke masyarakat. Ikatan kekeluargaan di KMK bisa dikatakan besar. Hal itu tampak pada sollidaritas dan kearifan yang dikedepankan untuk setiap masalah yang terjadi.

LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Kentingan UNS
LPM Kentingan mewadahi mahasiswa yang ingin menggeluti bidang penulisan (pers). Berdiri 21 Desember 1993, pers kampus ini aktif menerbitakan buletin, majalah dan media online sebagai bentuk kepedulian perkembangan informasi kampus.

Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM)
SIM adalah UKM keilmiahan di UNS. SIM merupakan ajang bagi mahasiswa untuk berperan sebagai agent of change melalui karya-karya yang bersifat inovatif, produktif, berfikir dengan analitis serta berkreatifitas dalam menyikapi setiap perubahan yang terjadi di masyarakat.  Program Kerja SIM antara lain, School of Science, Development, Festival Ilmiah, Sosialisasi PKM dan sebagainya.


Bidang Olahraga

KMS (Korps Mahasiswa Siaga) MENWA
Mahasiswa tidak diragukan lagi perannya dalam menyelamatkan bangsa dan negara dalam berbagai kondisi. Dalam pasal 30 UUD 1945 dijelaskan eksistensi Menwa sangat diperlukan sebagai komponen cadangan rakyat terlatih. Berbagai upaya dilakukan untuk mereposisi tugas dan fungsinya agar sejalan dengan dinamika perguruan tinggi. KMS adalah reorganisasi Resimen Mahasiswa (MENWA) yang secara nyata menampung minat dan bakat mahasiswa di bidang bela negara dan berbakti kepada masyarakat dan bangsa sebagai manifestasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Garba Wira Bhuana
Garba Wira Bhuana – mapala UNS merupakan organisasi pecinta alam yang telah berdiri cukup lama di lingkungan UNS, yaitu semenjak tahun 1977. Organisasi ini bertujuan untuk menjaga, memelihara dan mencintai alam semesta beserta isinya. Kegiatan sosial dan budaya termasuk juga dalam agenda GWB selain kepecintaalaman (mountaineering, caving, rock climbing, rafting, lingkungan hidup dan lain-lain).

Taekwondo
Taekwondo merupakan olahraga beladiri modern yang berakar dari tradisional Korea. UKM ini memiliki visi mengembangkan olahraga beladiri Taekwondo, khususnya di lingkungan UNS. Mewadahi kreatifitas pengembangan potensi diri dalam hal keorganisasian menjadi salah satu misinya.

Tapak Suci
Tapak Suci adalah organisasi kemahasiswaaan tingkat universitas yang mewadahi minat dan bakat mahasiswa dalam bidang olahraga beladiri. Tapak Suci sebagai suatu organisasi yang professional, modern, sistematis, universal dan go internasional ini pulalah yang menjadi visi dan misinya.

Perisai Diri
Beladiri Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri atau lebih akrab disebut dengan Perisai Diri adalah salah satu UKM di UNS yang berbentuk seni beladiri. Melestarikan dan mengembangkan bela diri Silat Indonesia yang bermutu tinggi sesuai dengan alam kepribadian Indonesia, merupakan visi dan misi yang hendak dijunjung untuk melejitkan bela diri sesuai dengan basis Indonesia.

Merpati Putih
Merpati Putih merupakan salah satu perguruan pencak silat beladiri tangan kosong (betako). Arti dari merpati putih itu sendiri adalah singkatan dalam bahasa Jawa, yaitu Patitising Tindak Pusakane Titising Hening yang artinya “Mencari sampai mendapat kebenaran dalam ketengangan.” Sehingga anggotanya diharapkan akan menyelaraskan hati dan pikiran dalam segala tindakannya.

PSHT
Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) UNS merupakan wadah bagi mahasiswa yang ingin menekuni bidang pencak silat dan senantiasa berusaha mengembangkan serta mempertahankan pencak silat sebagai sebuah tradisi dan seni beladiri asli bangsa Indonesia.

INKAI
Merupakan salah satu UKM yang mewadahi salah satu cabang beladiri di UNS yaitu Karate. Seni beladiri dari Jepang yang berarti “tangan kosong.”
Untuk profil secara lengkap bisa dengan mengunjungi laman terkait atau mendatangi langsung ke sekretariat masing-masing UKM di gedung Graha UKM.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UKM UNS SOLO"

Post a Comment