Advertisement

Advertisement

Ujian Tulis SNMPTN 2012 Bebas Joki

SOLO - Pelaksanaan ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) berakhir sudah pada Rabu (13/6/2012) siang. Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS Solo), Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS., dalam jumpa persnya di Kusuma Sahid Prince Hotel pada, Rabu (13/6/2012) siang, menyatakan, "Pelaksanaan ujian tulis SNMPTN berlangsung relatif lancar. Panitia juga tidak menemukan adanya indikasi praktik perjokian."

Pada ujian tulis hari kedua ini sebanyak 1.121 calon mahasiswa absen. Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan ketidakhadiran para calon peserta. "Belum tahu kenapa tidak hadir. Apa sudah diterima di perguruan tinggi lain atau bagaimana, kami belum mengetahui secara pasti," ungkap Ravik.

Ravik menambahkan, pihaknya telah memberikan pengarahan kepada sejumlah mahasiswa baru yang telah menjalani registrasi on the desk pada Rabu (13/6/2012) pagi di Auditorium UNS. Ia menerangkan, sebanyak 93 mahasiswa S1 yang diterima melalui jalur undangan tidak hadir. Ketidakhadiran tersebut secara otomatis status yang bersangkutan sebagai mahasiswa baru UNS gugur.

Peminatan mahasiswa yang diterima pada jalur undangan tetap menempatkan Pendidikan Dokter sebagai prodi favorit dengan jumlah 66 mahasiswa. Tempat kedua, Agrobisnis dengan jumlah 42 mahasiswa dan Akuntansi menduduki peringkat ketiga dengan jumlah 41 mahasiswa.

Prodi Baru

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNS menyampaikan pembukaan program studi (prodi) baru di UNS yang belum diikutkan dalam SNMPTN, yaitu Hubungan Internasional (HI) dan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK). "Tahun ini UNS membuka dua prodi baru yang belum diikutkan dalam SNMPTN, yaitu Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer dengan kuota 100 mahasiswa dan Hubungan Internasional dengan kuota 50 mahasiswa," papar Ravik.

Pengisian kuota untuk kedua prodi itu dilakukan melalui Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB PT). UMB PT diselenggarakan di 18 lokasi dengan rincian 12 perguruan tinggi negeri dan 6 perguruan tinggi swasta.

Pendaftaran untuk mengikuti ujian UMB PT dibuka mulai 4 Juni sampai 18 Juli 2012. Ujian tulis akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2012.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ujian Tulis SNMPTN 2012 Bebas Joki"

Post a Comment