Advertisement

Advertisement

UNS Terima Kunjungan Komisi X DPR RI


Kuliyeah.com - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Ravik Karsidi beserta jajaran dan Sekretaris Daerah Kota Solo Budi Yulistiyanto menerima langsung kunjungan enam anggota Komisi X DPR RI pada Minggu (19/02/2017). Rombongan yang dipimpin oleh Teuku Riefky Harsya tersebut datang ke UNS untuk kunjungan kerja spesifik di bidang Pembudayaan Olahraga.


Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke UNS untuk mencari masukan dari pihak akademisi dalam rangka pengambilan kebijakan mengenai pembudayaan olahraga. Kunjungan ini bermaksud untuk mendapatkan data dan fakta secara langsung terhadap program-program pembudayaan olahraga serta masukan dari pihak akademisi dalam rangka pengambilan kebijakan pembudayaan olahraga secara nasional. “Tujuannya adalah untuk memperoleh masukan dalam rangka pengambilan kebijakan pembudayaan olahraga secara nasional, seperti ketersediaan pelatih dan pendukung tenaga keolahragaan, sarana dan prasarana keolahragaan, dan bentuk inovasi pembudayaan olahraga yang telah dan yang akan dilakukan,” jelas Teuku Riefky.

UNS dipilih langsung oleh komisi X yang membidangi pendidikan, olahraga dan sejarah ini  karena pola pembudayaan prestasi olahraga di Kota Solo akan dijadikan percontohan. Perilaku olahraga Masyarakat, Pemerintah Kota dan Perguruan Tinggi sudah berjalan secara sinergis.

Menurut Riefky, untuk mewujudkan pembudayaan olahraga, dibutuhkan langkah-langkah yang inovatif. Lebih lanjut, pembudayaan disini merupakan proses sosial, perbuatan dan cara memajukan olahraga sehingga menjadi kebiasaan hidup masyarakat. “Olahraga tanpa disadari telah mengalami proses elitisasi. Muncul prasyarat khusus dari masyarakat dalam keikut sertaannya dalam olahraga, dan wacana olahraga prestasi mengalami over dominasi,” ungkapnya.

Menurutnya, inovasi olahraga dapat dilakukan dari perbaikan atau pengembangan kurikulum, media pembelajaran, bahan ajar dan lain sebagainya. “Inovasi lain pada olahraga rekreasi, seperti pengembangan olahraga yang bersifat rekreasi, modifikasi olahraga tradisional baik dari alat, aturan atau lainnya. Selanjutnya, inovasi pada olahraga prestasi, seperti pengembangan teknik, taktik, sarana atau prasarana penunjang,” tutupnya. (Herlangga Hizkiawan/Dty)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UNS Terima Kunjungan Komisi X DPR RI"

Post a Comment