Advertisement

Advertisement

Penulisan Aksara Jawa Terpanjang Pecahkan Rekor MURI

Kuliyeah.Com - Dalam rangka memperingati tahun baru Imlek yang jatuh pada 28 Januari 2017 lalu, pemerintah kota Solo bersama Paguyuban Masyarakat Solo dan Keluarga Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret (FIB UNS) Solo berhasil memecahkan rekor menulis aksara Jawa terpanjang di Indonesia, yakni sepanjang lima ratus meter. Bertempat di Solo Paragon Mall, acara ini mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat, tidak hanya dari kota Solo namun juga dari berbagai kota di Indonesia, seperti Malang, Yogyakarta, Surabaya, Banyumas dan Madiun.

Ketua Panitia Bersama Solo Imlek 2017, Sumartono Hadinoto menyatakan bahwa kegiatan ini selain untuk memeperingati tahun baru Imlek, juga sebagai sarana untuk melestarikan budaya Jawa. “Kalau tahun lalu kan rekornya penulisan shufa terpanjang, tahun ini kami memilih aksara Jawa untuk nguri-nguri budaya Jawa,” paparnya.

penulisan aksara jawa
Para pengunjung Mall Solo Paragon yang juga berpartisipasi dalam pemecahan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Para pengunjung yang berpartisipasi diminta menuliskan aksara Jawa berupa kata-kata mutiara berfalsafah Jawa yang sudah desediakan oleh panitia.

Sementara itu, Riyadi Santosa, dekan FIB UNS, menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menggugah kembali masyarakat Jawa untuk dapat melestarikan budaya Jawa, terutama aksara Jawa. “Aksara Jawa mungkin sudah banyak dilupakan orang. Harapannya dengan tergugahnya mereka teringat kalau mempunyai budaya adiluhung aksara Jawa, ada rasa memiliki kembali sehingga nanti ikut belajar kembali,” tuturnya. (Refita Helya Shufia)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penulisan Aksara Jawa Terpanjang Pecahkan Rekor MURI"

Post a Comment